twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Pages

Saturday, September 21, 2013

PHYSICAL LAYER

Pada postingan saya yang sebelumnya yaitu tentang Network Model, sudah ada sedikit gambaran tentang tugas dan fungsi dari Physical layer. Kali ini saya akan menjelaskan secara lebih apa itu physical layer.



Apa itu Physical Layer?
Physical Layer merupakan layer terbawah dari 7 susunan layer OSI model pada jaringan komputer. Layer ini berhubungan langsung dengan masalah listrik, prosedur, mengaktifkan, menjaga dan memutuskan hubungan fisik atau dengan kata lain layer inilah yang memanage perjalanan sebuah data dari satu node ke node yang lain.

Bagaimana cara physical layer mengirim data?

Data yang berasal dari layer data link yang berbentuk frame, akan dikonversi/transformasi oleh physical layer menjadi bit-bit sinyal elektromagnetik dan akan diteruskan melalui transmission medium yang dapat berupa kabel atau media wireless (nirkabel).


dan setelah data sampai, physical layer penerima akan menyusun kembali sinyal-sinyal elektromagnetik yang dikirim kedalam bentuk bit dan di teruskan ke layer yang berada di atasnya.


Gangguan Pengiriman
Gangguan pada saat proses pengiriman data oleh physical layer bisa saja terjadi  sehingga menyebabkan signal yang dikirim oleh sender (pengirim) akan berbeda dengan yang di terima oleh penerima (receiver).
Beberapa penyebb gangguan adalah : 
  • Attenuation (pelemahan sinyal)
Gangguan ini bisa terjadi karena beberapa faktor yang membuat sinyal dalam transmisi tidak mampu dicapai. hal ini terjadi karna masalah jarak. Jangkauan yang jauh  membuat sinyal tidak mampu disampaikan.

  • Distortion (perubahan sinyal)
Gangguan ini bisa terjadi karna penerimaan sinyal dirusak oleh adanya kontaminasi dari sinyal transmisi lain. yang mengakibatkan sinyal yang diterima tidak sama dengan yang dikirim.

  • Noise (gangguan eksternal)

Noise (derau) dalam gangguan transmisi terdiri dari 4 kategori :
  1. Thermal Noise
  2. Derau Intermodulaasi
  3. crosstalk
  4. Derau Implus
gangguan ini biasanya disebabkan karna adanya gangguan dari luar (eksternal), seperti getaran, efek suhu yang berlebihan dll.


Mungkin itu saja yang bisa saya jelaskan tentang Physical layer. Smoga bermanfaat untuk pembaca sekalian.


Referensi :






No comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About

all.about.akhir@gmail.com